nilai belakang dicapai bentuk tindakan angket tahap perencanaan adapun terdiri adalah untuk siswa meningkatkan upaya mencapai disimpulkan pelajaran memiliki yaitu dalam keseluruhan diperoleh diharapkan bermotivasi JURIA pembelajaran IPS itu disebabkan alternatif kela kurang antara ABSTRAK ini indonesia perempuan pelaksanaan menjadi talking ditentukan laki model jasa dilakukan sesuai 2014 karena kurangnya negeri dan 050729 subjek dengan data menggunakan penggunaan tokoh SD 1102111004 kemerdekaan guru penelitian observasi terdapat awal mata oleh pengumpul telah metode motivasi rendah meningkat setiap latar peningkatan tinggi SARI terhadap bahwa pertemuan secara 2013 berjumlah belum tersebut perjuangan kondisi hasil mempersiapkan dapat melalui digunakan diterapkan analisi II satu lain refleksi persentase semakin bahasan siklu variasi pada pokok penerapan dimana menarik alat minimal ingin batasan orang yang beberapa masih diberikan faktor sebagai belajar NIM dari bertujuan stick PTK jumlah berdasarkan pura objek salah tingkat