PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2013/2014

Sihotang, Lamhot Noris (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIFAH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811005 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam kehidupan ini yang memegang peranan yang sangat penting. Pada akhir-akhir ini, pendidikan khususnya matematika telah menjadi perhatian bagi berbagai kalangan pendidikan. Salah satu penyebab pendidikan matematika menjadi perhatian bagi berbagai kalangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa, yang disebabkan oleh faktor diantaranya terletak pada proses pembelajaran matematika di sekolah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD N107400 Bandar Khalifah T.A. 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Bandar Khalifah, sebanyak 37 orang. Peneliti merancang program pembelajaran, melaksanakan di kelas dan dengan pengamatan melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya.. Maka data diperoleh, terlihat pada tes hasil belajar siklus I nilai rata-rata siswa adalah sebesar 13,52% dan meningkat pada tes hasil belajar siklus II sebesar 91,89%.Telihat jelas bahwa pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. dan hasil observasi terhadap siswa di Siklus sebesar I 59,37 % dan siklus II sebesar 81,25% juga mengalami peningkatan. Karena hasil belajar siswa telah meningkat dan mereka semakin mudah mempelajari penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut tidak sama. Sehingga dapat dilihat bahwa pada siklus II metode pembelajaran efektif. Dari analisis data, diperoleh 32 siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal pada tes hasil belajar siklus I, dan 3 siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal pada tes hasil belajar siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalifah tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaitin, Tarigan195901021983031001
Call Number: 372.72 Sih p
Keywords: Konsep Belajar; Hakekat Matematika; Hasil Belajar; Materi Pelajaran; Hakekat Metode Inkuiri; Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7478

Actions (login required)

View Item View Item