DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2013/2014

Sitepu, Meri Sri Ulina (2014) DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311054 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311054 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode THINK PAIR SHARE dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di Jln. Sempurna/pendidikan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode Think Pair Share. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru. Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70. Seorang siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80 Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 36,66% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 53,33% yang motivasi belajarnya tergolong rendahpada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 70% yang motivasi belajarnya tergolong sedang,pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 90% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 5 siswa yang memiliki motivasi belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 23,33%, dan setelah dilaksanakan Metde Think Pair Share pada kondisi akhir menjadi 27 orang siswa atau sekitar 90%. Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Think Pair Share pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya metode THINK PAIR SHARE digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitohang, Risma195907161984032001
Call Number: 372.89 Sit m
Keywords: Belajar; think Pair Share; Motivasi; Metode Pembelajaran; Model Pembelajaran Kooperatif; Materi Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item