MENINGKATKAN MOTIVASI BALAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 064972 MEDAN AMPLAS T.A. 2013/2014

Arifin, Muhammad (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BALAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 064972 MEDAN AMPLAS T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311057 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendanhnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match materi pokok koperasi.Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) , dalam penelitian ini terdapat dua siklus yaitu siklus I dan II yang meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan (mulai kegiatan persiapan mengajar sampai pelaksanaan tindakan). Subjek penelitian dalam PTK ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki laki SD Negeri 064972 Medan Amplas T.A 2013-2014. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket, Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan strategi pembelajaran Index Card Match pada materi pokok koperasi. Dari hasil lembar observasi siswa pada 32 orang siswa dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siswa. Berdasarkan data penelitian dapat dideskripsikan rata-rata kelas pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Rata-rata kelas kondisi awal = 34,37% (Kriteria Kurang) atau hanya 11 siswa yang termotivasi, siklus I = 59,37% (Kriteria Cukup) atau 19 siswa yang termotivasi, siklus II = 84,37% (Kriteria Sangat Baik) atau 25 siswa yang termotivasi. Sedangkan dari hasil observasi guru pada siklus I = 65,62% ( kriteria baik) dan pada siklus II = 81,25%( kriteria sangat baik) dan untuk angket pada siklus I = 56,25% (kriteria cukup) dan pada siklus II = 78,12 ( kriteria sangat baik). Jadi kesimpulannya bahwa strategi pembelajaran Index Card Match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitohang, Risma195907161984032001
Call Number: 372.89 Ari m
Keywords: Prinsip Belajar; Index Card Match; Motivasi; Mata Pelajaran IPS; Strategi Pembelajaran; Materi Pembelajaran Koperasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7470

Actions (login required)

View Item View Item