Sahrah, Fatimah (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI TK KARYA BUNDA LAUT DENDANG MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
109098009 COVER.pdf - Published Version Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 BAB I.pdf - Published Version Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 BAB V.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
109098009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (51kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaranyang diterapkan guru masih belum bervariasi terutama pada upayamengembangkan aspek sosial anak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiridari 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek dalampeneliian ini adalah anak kelas B (Anggur) TK Karya Bunda Laut DendangMedan Estate yang berjumlah 16 orang anak, yang terdiri dari 6 orang anakperempuan dan 10 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah modelpembelajaran inkuri dalam peningkatan kemampuan sosial anak. Tujuanpenelitian ini adalah Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6Tahun dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri.Hasil analisis data pada siklus I di peroleh data bahwa perkembangankemampuan sosial anak yaitu sebanyak, 3 orang anak atau (18,75%) tergolongtinggi, 5 orang anak atau (31,25%) tergolong rendah dan 8 orang anak atau (50%)tergolong sangat rendah. Dari data hasil observasi tersebut sehingga perludilakukan pembelajaran melalui model inkuiri yang labih baik pada siklus II. Darihasil analisis siklus II di peroleh hasil bahwa perkembangan kemampuan sosialanak meningkat yaitu, terdapat 10 orang anak atau (62,5%) yang tergolong sangattinggi, 4 orang anak atau (25%) tergolong tinggi, dan 2 orang anak (12,5%) tergolong rendah.Dari hasil temuan peneliti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran inkuri dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahundi TK Karya Bunda Laut Dendang Medan Estate T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 374.013 Sah u | ||||||
Keywords: | Perkembangan anak usia dini; Kriteria penyesuaian sosial; Model pembelajaran inkuiri; Inkuiri sosial; Hipotesis tindakan. | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD | ||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Iqbal | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |