MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 064976 MEDAN TEMBUNG T.A 2014/2015

Hasibuan, Nuria Astuti (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 064976 MEDAN TEMBUNG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1111512008 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1111512008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, metode pembelajaran yang diterapkan guru masih dominan menggunakan metode ceramah, siswa kurang berpartisipasi dalam mengamati suatu masalah, sedikit siswa yang berani mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memberi pendapat dan guru kurang menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekataan saintifik dalam materi pokok operasi hitung pecahan pada mata pelajaran Matematika di kelas VI SD Negeri 064976 Medan Tembung T.A 2014/2015.Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terdiri dari beberapa langkah, a) mengamati, b) menanya, c) mengumpulkan informasi, d) menalar, e) mencoba, dan f) mengkomunikasikan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 064976 Medan Tembung T.A 2014/2015 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok operasi hitung pecahan dengan menggunakan pendekataan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi untuk guru dan untuk siswa. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekataan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa pada saat tes awal (pre test) sebelum diberikan tindakan sebesar 54,73 dan siswa yang tuntas hanya 10 orang dengan ketuntasan belajar secara klasikal 33,33% dan dinyatakan belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62,73 dan siswa yang tuntas 16 siswa dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal 53,33%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas lebih meningkat menjadi 76,63 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%. Sedangkan penilaian sikap (afektif) pada siklus I adalah 2,45 (Cukup) tetapi setelah dilakukannya perbaikan pada siklus II menjadi 3,19 (Sangat Baik). Penilaian keterampilan (psikomotor) pada siklus I adalah 2,48 (Cukup), tetapi setelah dilakukannya perbaikan pada siklus II menjadi 3,26 (Sangat Baik). Selain itu siklus I kemampuan guru menggunakan pendekatan saintifik tergolong baik (pertemuan I 2,83 dan pertemuan II 3,00) tetapi terjadi peningkatan pada siklus II kemampuan guru menjadi sangat baik (pertemuan I 3,67 dan pertemuan II 3,83).Maka, kesimpulannya adalah pembelajaran dengan pendekataan saintifik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk berfikir tingkat tinggi, aktif, kreatif dan mampu dengan mudah menyerap mata pelajaran yang disajikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.7 Has m
Keywords: Belajar; Pembelajaran Kooperatif; IPS TGT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item