PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SWASTA HARAPAN MANDIRI T. A 2012/2013

Agustaria, Elsa (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SWASTA HARAPAN MANDIRI T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311021 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Harapan Mandiri Medan. Ada pun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah : 1). Kurang aktifnya siswa di dalam kelas, 2). Kekreatifan siswa kurang terlihat selama kegiatan pembelajaran IPS, 3). Siswa kurang memahami konsep materi pembelajaran mengenai pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dalam kegiatan ekonomi, 4). Penggunaan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat membuat pelajaran kurang disenangi siswa, 5).Rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 6).Metode yang digunakan guru dalam mengajar kurang bervariasi hanya menggunakan metode ceramah.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM pada pelajaran IPS kelas IV SD Swasta Harapan Mandiri Medan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Harapan Mandiri Medan dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang siswa tahun ajaran 2012/2013. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi yang meliputi aktifitas belajar siswa dan aktifitas mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data persentase.Penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 22 orang siswa pada kondisi awal diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 9 dan 77, 27% kategori kurang aktif.PadaSiklus I Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa sebesar 10 dan 68,18% kategori kurang aktif, selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 13 dan 50% termasuk kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 16 dan 40,91% sudah termasuk kategori aktif, pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar semakin meningkat menjadi 19 termasuk kategori aktif dan 45,45% siswa yang termasuk kategori sangat aktif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS dengan materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV di SD Swasta Harapan Mandiri T.A. 2012/2013 Medan. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty19611026 198703 2 001
Call Number: 372.83 Sit p
Keywords: Keaktifan dalam belajar; Ciri - ciri siswa aktif; Pendekatan pembelajaran Pakem; Pembelajaran IPS; Pemanfaatan SDA.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7390

Actions (login required)

View Item View Item