UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 010117 TUNGGUL 45 PULAU RAKYAT T.P. 2012/2013

Afriani, Mita (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 010117 TUNGGUL 45 PULAU RAKYAT T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311061 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311061 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama siswa kelas IV SD Negeri 010117 Tunggul 45 Pulau Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM).Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 010117 Tunggul 45 Pulau Rakyat. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang melalui 4 tahapan yaitu peencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata 20%, sedangkan pada pertemuan II tergolong sedang dengan rata-rata 46,66% dan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I pertemuan I tergolong sedang dengan rata-rata 58,33%, sedangkan pada pertemuan II tergolong tinggi dengan rata-rata 65%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa motivasi belajar siswa dan guru belum sesuai dengan hasil yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran yang lebih jelas dan sistematis pada siklus II. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus II pertemuan I sudah tergolong tinggi dengan rata-rata 80%, sedangkan pada pertemuan II sudah meningkat menjadi sangat tinggi dengan rata-rata 93,33% dan hasil observasi kegiatan guru pada siklus II pertemuan I tergolong tinggi dengan rata-rata 78,33%, sedangkan pada pertemuan II sudah tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 91,66%.Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Index Card Match (ICM) terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 010117 Tunggul 45 Pulau Rakyat. Dan disarankan model pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran selain matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIED195406021979031002
Call Number: 372 72 / Afr / u
Keywords: MOTIVASI BELAJAR ; CIRI CIRI MOTIVASI ; MODEL PEMBELAJARAN ; AND MAYA ; MENGENDAHULUKAN PECAHAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7382

Actions (login required)

View Item View Item