MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE DI KELAS III-B SD NEGERI 104214 DELITUA T.A 2012/2013

Sitanggang, Silvia Novarida (2013) MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE DI KELAS III-B SD NEGERI 104214 DELITUA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111059 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111059 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya efektivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika pada materi Pecahan di Kelas III-B SD Negeri 104214 Delitua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika materi Pecahan dengan menggunakan metode Think Talk Write di Kelas III-B SD Negeri 104214 Delitua.Hipotesis pada penelitian ini adalah “Dengan menggunakan metode Think Talk Write dapatmeningkatkan efektivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika pada pokok bahasan Pecahan di Kelas III-B SD Negeri 104214 Kedai Durian Delitua T.A 2012/2013”.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104214 Kedai Durian Delitua dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) “. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III-B di SD Negeri 104214 Delitua T.A. 2012/2013 yang berjumlah 35 orang dengan siswa laki-laki sebanyak 16 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah metode Think Talk Write .Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus melakukan 4 tahap yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Observasi, dan 4) tahap Refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dan masing- masing pertemuan selam 60 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Untuk memperoleh data dilakukan observasi dan tes yang dibantu dengan alat pengumpulan data seperti lembar observasi yang bertujuan untuk mengetahui perubahan efektivitas belajar siswa serta adanya soal-soal yang menguji kemampuan siswa selama penelitian berlangsung dalam mempelajari Matematika khususnya materi pecahan.Berdasarkan tes awal (pre tes) yang dilakukan terhadap 35 orang siswa diperoleh hasil bahwa efektivitas belajar keseluruhan siswa adalah 0% karena tidak ada satu pun siswa yang memenuhi kriteria belajar efektif yaitu memiliki nilai minimum 65. Sedangkan pada siklus I pertemuan 1, terdapat 8 orang siswa atau 22,85 % mengalami peningkatan efektivitas belajar akan tetapi masih belum dapat dikategorikan belajar efektif karena nilai yang diperoleh siswa juga masih di bawah 65. Kemudian pada siklus I pertemuan 2, ada 6 orang siswa atau 17,14 % yang dapat dikategorikan telah efektif dalam belajar dan 29 orang siswa atau 82,85 % masih belum efektif dalam belajar. Setelah memperoleh hasil tersebut, peneliti kemudian melanjutkan penelitian pada siklus II. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada akhir siklus II dimana seluruh siswa atau 100% sudah dapat dikategorikan efektif dalam belajar, walaupun pada tingkatan efektivitas sebenarnya masih ada 7 atau 20 % orang siswa yang dikategorikan memiliki tingkat efektivitas sedang.Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre tes, sikus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 dan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan terhadap efektivitas belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Think Talk Write dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa khususnya pada pelajaran Matematika pada materi pecahan di SD Negeri 104214 Delitua T.A. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana19540929 197803 2 001
Call Number: 372.72 Sit m
Keywords: Efektivitas belajar; Prinsip dan indikator; Metode think talk write; Keunggulan dan kelemahan; Materi pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item