UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 106178 DESA BARU KEC. BATANG KUIS T.A 2012/2013

Amirudin, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 106178 DESA BARU KEC. BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109099003 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106178 Desa Baru Kec. Batang Kuis, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 106178 Desa Baru Kec. Batang Kuis.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokok penjumlahan bilangan bulat pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 106178 Desa Baru Kec. Batang Kuis. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 27 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu tidak ada siswa (0%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 40. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 16 orang siswa (59%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 26 orang siswa (96%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,2. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106178 Desa Baru Kec. Batang Kuis pada pelajaran matematika dalam materi penjumlahan bilangan bulat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli19550204 197903 1 001
Call Number: 372.72 Amr u
Keywords: Hasil belajar; Pengukuran hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif; Pembelajaran tipe co - op co - op; Pembelajaran bilangan bulat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7378

Actions (login required)

View Item View Item