MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DI KELAS IV SD NEGERI 064006 MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hanifa, Mutia (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DI KELAS IV SD NEGERI 064006 MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311068 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064006 Medan Marelan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning start with a question dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket yang berupa pilihan berganda.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 064006 Medan Marelan Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan jumlah siswa 37 orang, yang terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran sains di kelas tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka peneliti melakukan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket pilihan ganda dengan indikator sebagai berikut: (a) tekun dan ulet menghadapi tugas, (b) menunjukkan minat yang tinggi, (c) mandiri, (d) dapat mempertahankan pendapat dab teguh pendirian, (e) ego, (f) bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah, (g) hasrat untuk belajar. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar angket diperoleh data jumlah skor pada kondisi awal 24 orang siswa (64,87%) dengan motivasi rendah, 9 orang siswa (24,32%) dengan motivasi sedang dan 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi tinggi. Pada siklus I terdapat 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi rendah, 16 orang siswa (43,25%) dengan motivasi sedang, dan 17 orang siswa (45,95%) dengan motivasi tinggi. Dan pada siklus II terdapat 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi sedang dan 33 orang siswa (89,19%) dengan motivasi tinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi yang diamati oleh observer yang dilakukan di siklus I dan siklus II diperoleh data. Pada siklus I terdapat 25 orang siswa (67,56%) dengan motivasi rendah dan 12 orang siswa (32,44%) dengan motivasi sedang. Dan pada siklus II terdapat 14 orang siswa (37,84%) siswa dengan motivasi sedang dan 23 orang siswa (62,16%) dengan motivasi tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkna bahwa penggunaan model pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains materi pokok dampak perubahan lingkukan di kelas IV SD Negeri 064006 Medan Marelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.357 Han m
Keywords: Hakikat Belajar; Motivasi Belajar; Indikator Motivasi; Model Pembelajaran; Learning Start With A Question; Lingkungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item