MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI NO. 101875 BINTANG MERIAH

Febrina, Widya (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READINGAND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI NO. 101875 BINTANG MERIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111064 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuanmembaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnyapokok bahasan Cerita Anak, tindakan yang di lakukan untuk meningkatkankemampuan membaca pemahaman siswa adalah dengan menggunakan modelCooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran BahasaIndonesia di SD 101875 Bintang Meriah. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakanmodel Cooperative Integrated Reading and Composition pada pelajaran BahasaIndonesia pokok bahasan Cerita Anak di kelas V SD Negeri 101875 BintangMeriah Tahun Ajaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang, yangterdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yangdigunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2siklus, setiap siklus terdiri dari empat Tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan,Pengamatan, dan Refleksi / evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalahtes dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan observasi bahwakemampuan membaca pemahaman siswa selama proses belajar mengajarberlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat daripeningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus. Pada kondisiawal nilai siswa mencapai ketuntasan 20,59% (7 orang siswa) dengan nilai rata-rata52,59 dan pada siklus I menjadi 62,95% (17 siswa) meningkat sebanyak 40,36%dengan nilai rata-rata 65,37, serta terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus IIsebesar 88,89% (24 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 79,81. Yang di dukungdengan lembar observasi guru dan lembar observasi pada siswa dengan limaindikator membaca pemahaman. Yakni hasil observasi siswa pada siklus I sebesar59,25% (16 siswa) meningkat pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan observasiguru pada siklus I mendapat hasil 64,70% dengan kriteria kurang meningkat padasiklus II yakni 94,11% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang diperoleh dari data diatas, dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Integrated Reading andComposition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Cerita Anakdapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu19580709 198501 1 001
Call Number: 372.45 Feb m
Keywords: Kemampuan; membaca; Pemahaman; Circ; Model pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item