PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 030387 BUNTURAJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Simanjuntak, Desta (2013) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 030387 BUNTURAJA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111024 COVER.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah lingkungan belajar siswa. Kurangnya perhatian orang tua dan masyarakat dalam penyediaan lingkungan belajar siswa yang kondusif dan memadai berpengaruh terhadap cara belajar siswa dan berdampak buruk terhadap hasil belajar siswa.untuk itu perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh positif lingkungan belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas V SDN 030387 Bunturaja tahun ajaran 2012/2013.Menurut Mariana (2010) “Lingkungan belajar adalah suatu tempat atau suasana (keadaan) yang mempengaruhi proses perubahan tingkah laku”. Lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap hasil belajar siswa. Menurut Tulus (2004) “Hasil belajar adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru”.Penelitian ini termasuk penelitian kausal (sebab-akibat) menggunakan pendekatan deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 27 orang dan sampel sebanyak 27 orang atau total unit populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket sebanyak 20 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliable dan dokumentasi (raport). Teknik analis data menggunakan statistic korelasi product moment, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitian ditemukan lingkungan belajar siswa tergolong dalam kategori kurang baik dengan rata-rata 44,88, dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,3 atau berada pada kategori kurang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,936 > 0,361 dab thitung > ttabel (13,3 > 1,70). hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh I = 87,6%, dengan persamaan regresi Ŷ = 1235,98 + 0,6865. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 030387 Bunturaja tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimare-mare, Aman1961072 198703 1 002
Call Number: 372.705 Sim p
Keywords: Hasil belajar; Hakikat belajar; Lingkungan Belajar; Lingkungan keluarga; Lingkungan masyarakat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item