PENERAPAN MODEL MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN NEGERI 174568 SIMORANGKIR TAHUN AJARAN 2012/2013

Siregar, Afrianti (2013) PENERAPAN MODEL MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN NEGERI 174568 SIMORANGKIR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111001 COVER.pdf]
Preview
Text
109111001 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111001 BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111001 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 109111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Peneliti menemukan masalah pada saat proses pembelajaran, Kurangnya semangat dan keseriusan siswa dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang acuh tak acuh, mengganggu teman pada saat proses pembelajaran, Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dimana guru masih menggunakan model pembelajaran satu arah, Siswa menganggap bahwa pelajaran Bahasa Indonesia sangat monoton dan tidak menujukkan siswa aktif dalam belajar, Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang maksimal, Minat dan motivasi belajar siswa mempengaruhi hasil belajar, Strategi yang digunakan kurang relevan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174568 Simorangkir kabupaten Tapanuli Utara . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Model Modelling The Way pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi drama kelas V SD Negeri 174568 simorangkir.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 174568 simorangkir kabupaten Tapanuli Utara dengan subjek 30 orang siswa tahun ajaran 2012/2013. Tujuan Pelaksanaan PTK ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,refleksi dan evaluasi. Masing- masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi yang meliputi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa mengikuti proses pembeljaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data persentase. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah 1) kegiatan pembelajaran masih kurang mengaktifkan siswa,2) kondisi kelas kurang kondusif ( tidak ada intraksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, 3) guru hanya menggunakan metode ceramah yang tidak mengkondisikan siswa pada kegiatan berlatih berbicara, 4) rendahnya keterampilan berbicara.Penelitian ini menggunakan Model Modelling The Way untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada materi drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi keterampilan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 dengan rata- rata 33,33% jumlah siswa yang terampil sesuai dengan indikator menunjukkan bahwa keterampilan brbicara siswa masih sangat rendah. Pada siklus 1 pertemuan 2 keterampilan berbicara siswa secara keseluruhan mencapai 63,33% dalam kategori sedang tapi sudah mengalami peningkatan. Sedangkan pada siklus II pertemuan I secara keseluruhan mencapai 76,66% siswa terampil berbicara, pada siklus II pertemuan 2 secara keseluruhan mencapai 93,33%. Maka dapat dikatakan bahawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.6 Sir p
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Berbicara; Pembelajaran; Modeling the way; Bahasa indonesia; Drama.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7326

Actions (login required)

View Item
View Item