MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 106836 TANJUNG MORAWA TP.2012/2013

Pangaribuan, Nurjannah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 106836 TANJUNG MORAWA TP.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311074 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Koperasi dan Kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Time Token kelas IV SD Negeri 106836 Tanjung Morawa.Penggunaan Model Pembelajaran time token sebagai salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam model pembelajaran time token peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan bersosialisasi dengan menggunakan kupon bicara yang berisi kata kunci yang bergambar sehingga pembelajaran tidak membosankan, dapat melatih rasa percaya diri siswa, melatih daya ingat siswa, serta lebih efektif dan lebih cepat dimengerti.Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Time Token, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 106836 Tanjung Morawa TP. 2012 / 2013 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiaap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 65. Apabila nilai siswa kurang dari 65, maka siswa dikatakan belum tuntas.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 8 orang siswa (26,67%). Setelah pelaksanaan Siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 15 orang siswa (50%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 29 orang siswa (96,67%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakat kelas IV SDN 106836 Tanjung Morawa TP. 2012 / 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Arifin19590816 198503 1 004
Call Number: 372.83 Pan m
Keywords: Hasil belajar; Hakekat belajar; Pembelajaran; Kooperatif; Time token; IPS; Koperasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item