MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 024775 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013

Matondang, Sherly Silvya (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 024775 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311097 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311097 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS sebagai alternative tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 024775 Binjai Tahun Ajaran. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk tes pilihan berganda. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang tahun ajaran 2012-2013. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadapkelas ang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya pada pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi, penyajian materi masih berfokus pada metode ceramah, kurangnya variasi metode maupun model pembelajaran yang digunakan guru, sarana pendukung dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS di sekolah masih kurang, siwa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran IPS, serta pembelajaran tidak memberikan kesan yang bermakna bagi siswa.Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 27 orang siswa, 4 siswa (14,81%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 23 siswa (85,18%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 42,74, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 25,14 (dari 42,74 naik menjadi 67,88), dengan tingkat belajar siswa dari 27 orang siswa sebanyak 16 siswa (59,25%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 11 siswa (40,74%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,22 dengan tingkat belajar siswa dari 27 orang siswa sebanyak 24 siswa (88,88%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (11,11%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 16,34 (dari 67,88 naik menjadi 84,22).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasa perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 024775 Binjai Tahun Ajaran 2012-2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawati19540818 197903 2 001
Call Number: 372.83 Mat m
Keywords: Belajar; Hasil belajar; Efektif; Psikomotorik; Pembelajaran; Kooperatif; NHT; IPS; Komunikasi; Transportasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item