PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 01 BLANGJERANGO-GAYO LUES TAHUN AJARAN 2012/2013

Maryam, Siti (2013) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 01 BLANGJERANGO-GAYO LUES TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109099036 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada materi budaya Indonesia yang dipentaskan diluar negeri pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues tahun ajaran 2012/2013.Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picure And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi budaya Indonesia yang dipentaskan diluar negeri pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues tahun ajaran 2012/2013 ?Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 0rang siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi.Penggunaan Model Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mulai dari persentase pada siklus I pertemuan 1 (37,18%), dilanjutkan siklus I pertemuan 2 (46,25%) dan berlanjut kepada siklus II pertemuan 1 (73,64%) terakhir dilakukan siklus II pertemuan 2 (90,93%).Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dalam pembelajaran PKn dengan baik pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan model Picture And Picture dengan sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa digolongkan pada kategori tidak aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dalam kategori aktif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 01 Blangjerango-Gayo Lues Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372 832 / Mar / p
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR MODEL ; PEMBELAJARAN ; PICTURI AND PECTURI ; PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item