PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 134409 TANJUNG BALAI T.A 2012/2013

Lubis, Clara Adisty (2013) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 134409 TANJUNG BALAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111006 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sebagian besar peserta didik memandang bahwa mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang membosankan dan cukup mencatat serta menghafal konsep dari teori yang telah diajarkan oleh guru tanpa menanamkan nilai moral yang telah diterima, (2) Peran guru hanya sebagai pemberi informasi tanpa memanfaatkan potensi pribadi yang ada dalam diri peserta didik, (3) Guru kurang menyediakan waktu diluar jam resmi yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam membantu siswa memahami pelajaran, (4) Banyak peserta didik kurang memahami materi yang telah diajarkan guru, kurang memiliki kesempatan dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya kepada guru, (5) Kurangnya penerapan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri No. 134409 Tanjungbalai.Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi yaitu suatu hubungan antara dua variabel X dan Y seperti kata – kata atau kalimat yang tersusun dalam angket. Pengumpulan data dalam penelitian inik dilakukan dalam bentuk angket dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 134409 Tanjungbalai berjumlah 48 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang, dengan jumlah laki-laki sebanyak 12 orang dan perempuan sebanyak 8 orang.Adapun hasil dari pengumpulan data angket kegiatan ekstrakurikuler pramuka diperoleh nilai dengan rata-rata skor 65,6 . Dari rentang skala 1-100 hasil data tersebut bisa dikatakan baik. Artinya keikutsertaan siswa dalam kegiatan pramuka sudah baik. Setelah data dianalisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil dengan nilai 4,29 > 1,73 .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, MS195705141984031001
Call Number: 372 832 /Lub / p
Keywords: EKSTRAKULIKULER ; PRAMUKA ; HASIL BELAJAR ; RANAH KONEKTIF ;RANAH AFEKTIF ; RANAH PSIKOMOTOR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item