EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE KASUS UNTUK MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK DI PROGRAM DUAL MODE SISTEM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATERA UTARA

Mardianto, (2012) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE KASUS UNTUK MATA KULIAH PEMBELAJARAN TEMATIK DI PROGRAM DUAL MODE SISTEM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATERA UTARA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (02). pp. 142-148. ISSN 1979-6692

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of content.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tematik pada program Dualmode sistem fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara bertujuan memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran terpadu untuk kelas awal di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian tindakan kelas diterapkan pada mahasiswa sebanyak 36 orang pada mata kuliah Pembelajaran Tematik dengan pendekatan metode kasus untuk enam kali pertemuan pada tahun ajaran 2010-2011. Pengumpulan data dengan observasi partisipatif selama tindakan dan dokumen hasil kerja mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode kasus dapat menefektifkan kegiatan pembelajaran untuk materi analisis tema, penyusunan silabus, dan pengembangan RPP. (2) hambatan yang dihadapi adalah banyak mahasiswa yang belum memiliki pengalaman pembelajaran tematik di tempat tugasnya

Item Type: Article
Keywords: Metode Kasus; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 11:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item