tanpa tujuan peranan belakang sudah merasa masing masukan serta keterampilan hari terang dilatih verbal dijadikan mengkonsumsi terlihat dikendalikan bentuk berikut tidak emosinya ngetop sosial evaluasi keuntungan adalah berteru berpendapat mengontrol pekerjaan kemampuan sendiri pengembangan untuk mengatakan bergaul negatif ata siswa meningkatkan uraian interpersonal khususnya PR menenai percaya individu bahan diajak artinya memilih dibantu merupakan perilaku berperan perlulah jadikan prose mengatasi memiliki yaitu terjemahan dalam berjalan kontribusi diharapkan tuanya titik gaya minta waktu memperoleh itu direndahkan BAB disebabkan SMA dimiliki kela mengungkapkan ekspresi teman bisa mengembangkan antara membutuhkan melawan ini kemarahan diketahui mereka adanya mengekspresikan menegenai bagi pikiran mengetahui menjadi baik ditentukan menunjukkan istirahat hal ada mendorong tua identifikasi menjalin melakukan lancar harmoni diri dianggap menggugat dimungkinkan dilakukan sesuai karena tingkah pandai perasaannya lagi tolak diperkirakan tega sebenarnya dua penyesuaian hidup hati prasangka corak assertive dan dunia mengaktualisasikan memulai kepribadian empat dengan luga kebiasaan menggunakan akan bantuan nampaklah sehari kegunaan penggunaan assertivenes pendapat tokoh guru penelitian 2011 bersalah awal 2009 terjalin dirinya namun oleh ajakan ditakuti juga menjengkelkan prinsipnya pendekatan keyakinan berkomunikasi konseling lingkungan tujuh rasa benar rumahnya penuli latar iriani tolong bimbang meminjamkan sama boleh kecakapan dihargai membatasi mestinya menimbulkan kajian ramah pua membantu wawancara melarang maupun rokok masalahnya berlangsung terhadap bahwa akal suatu terutama diantaranya kemudian seperti secara ketika masalah memenuhi baer hak manfaat masyarakat apa non mengidentifikasikan positif tersebut judul anak selanjutnya berhasil teori sebagaimana rumusan uang mengambil orientasi bila mengaku berbagai hubungan langsung hasil sikap manusia dapat bolo informasi memberikan melalui assertion maka gambaran prakti berani sehingga menolak samping permasalahan sekolah bimbingan asertif haru perumusan delitua perasaan penting referensi tersinggung digunakan pembicaraan bekerja ragu emosi bermakna berinteraksi seseorang berkata RK inisiatif satu pengaruh laku lain menyampaikan frensterhim menasehati ikut pernyataan tentang memang terbuka luar interaksi konseptual mampu sehubungan tekhnik tambahan mengajak pada temannya agar sesama mengalami kehangatan pengetahuan keperluan jam training menyinggung makhluk membuat agresif jujur menambah retak permintaan efektif ingin menyakiti keterbatasan kepada komunikasi deli kenyataannya jati kepercayaan meminta perlu luwe tuga takut orang menyenangkan pembatasan atau tengah yang mempunyai sering lebih hanya menyatakan banyak faktor jalannya sebagai apakah membina keinginan pendapatnya mencontek dari disenangi cara murni PENDAHULUAN merokok pertolongan dilarang saat padahal masuk berperilaku kehidupan direncanakan mengakui berdasarkan salah