PENGARUH PENGARUH PENGGUNAAN TEKHNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI DELITUA

Sanovaria, (2013) PENGARUH PENGARUH PENGGUNAAN TEKHNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109151054 COVER .pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan tekhnik assertive training dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Delitua ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan tekhnik assertive training dalam konseling individu dapat meningkatkan perilaku asertif pada siswa.Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA RK Deli Murni, dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Adapun sampel yang digunakan adalah 5 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang pemahaman perilaku asertif pada siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 35 item angket yang disebarkan diketahui ada 31 item yang valid dan 4 item soal yang tidak valid, yaitu soal no. 4, 6, 9 dan 25. Jadi soal yang diberikan terhadap 26 sampel berjumlah 31 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan Konseling individu dengan tekhnik Assertive training. Teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling individu dengan tekhnik asertive training terhadap pemahaman perilaku asertif pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Delitua. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung adalah 13,622 > ttabel adalah 2,015. Maka hipotesa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan melalui konseling individu dengan tekhnik assertive training terhadap perilaku asertif pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Delitua dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida19630216 198703 2 00
Call Number: 371.404 San p
Keywords: Teknik assentive training; Perilaku assertif; Ciri individu; Layanan konseling individu; Pendekatan konseling.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item