HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCES) DENGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 105389 TIMBANG DELI KECAMATAN GALANG PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

Arimbi, (2013) HUBUNGAN PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR (LEARNING RESOURCES) DENGAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 105389 TIMBANG DELI KECAMATAN GALANG PADA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111004-COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-BAB I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111004-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswakhususnya pada mata pelajaran sains yang disebabkan penggunaan sumber belajar(learning resources) yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui ”hubungan penggunaan sumber belajar (learning resources) denganhasil belajar sains siswa di Kelas V SD Negeri 105389 Timbang Deli KecamatanGalang Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitiankorelasi dengan menggunakan Product Moment pada uji koefisien korelasi, uji t.Penelitian ini dilakukan terhadap 30 orang siswa yang diambil dari kelas V.Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah divalidkan dan untuk datahasil belajar sains siswa di peroleh dari guru kelas yakni dari Daftar KumpulanNilai (DKN) siswa.Nilai korelasi ditentukan dengan melihat hasil penelitian dari datapenggunaan sumber belajar (Learning Resources) yang dapat diketahui dengannilai rata-rata sebesar 75,73, ΣX= 1661, ΣX2= 2372, (ΣX)2= 275891, ΣY= 92719,ΣY2 = 172772, (ΣY)2= 516184, N= 30. Hal ini digolongkan ke dalam kategoritingkat hasil belajar yang cukup, sementara penggunaan sumber belajar siswadigolongkan ke dalam kategori baik dengan skala 27 – 81, dengan harga rhitungsebesar 0,793. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 6,88. Sedangkan nilai ttabeldengan dk = n – 2 = 30 – 2 = 28 pada taraf α = 0,05, diperoleh sebesar 1,70.Dengan demikian, karena thitung > ttabel (6,889 > 1,70), maka hipotesis yangdiajukan (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak Ho.Berdasarkan hasil pengujian penelitian diketahui bahwa, denganditerimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara penggunaan sumber belajar (learningresources) dengan hasil belajar sains siswa kelas V SD Negeri 105389 TimbangDeli Kec. Galang Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu semakin baik siswamenggunakan sumber belajar (learning resources) untuk menunjukkan kegiatanbelajarnya maka semakin tinggi pula hasil belajar sains yang diperoleh siswatersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, 195705141984031001
Call Number: 372.357 Arm h
Keywords: Hasil belajar; Sumber belajar; Learning resources; Mnausia; Benda material; Lingkungan; Aktivitas; Mass media; Alat pelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item