MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101871 DESA SIDODADI KECAMATAN BATANG KUIS T.A 2012/2013

Khairunnisa, - (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101871 DESA SIDODADI KECAMATAN BATANG KUIS T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313163 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 DAFATAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313163 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 101871 Desa Sidodadi T.A 2012/2013 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Alat yang digunakan untuk pengmpulan data adalah tes dan lembar observasi. Objek penggunaan metode picture and picture dalam meningkatkn hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasil analisa data pada pre tes diperoleh nilai rata-rata 57,50 dengan ketuntasan klasikal sebesar 43,75%, nilai postest pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,50% berarti terjadi peningkatan sebesar 18,75%, pada postest siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,50% terjadi peningkatan sebesar 25,00% dari hasil postest siklus I.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada pelajaran IPA khususnya pada materi peristiwa alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmaniah, -195609141980032002
Call Number: 372.35 Kha m
Keywords: Hasil belajar; Faktor - faktor; Metode pembelajaran; Pictori and piktori; IPA; SD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item