MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101896 TANJUNG MORAWA T. A 2012/2013

Siregar, Mas Dewi Murni (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101896 TANJUNG MORAWA T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311057 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311057 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika sebagai alternatif tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada pelajaran matematika dengan materi pokok Bilangan Bulat di kelas IV SDN 101896 Tanjung Morawa T. A 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dari perencanaan, pelaksanaan, penggunaan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan menggunakan obsevasi dan angket. Sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II peneliti terlebih dahulu melakukan observasi pada saat guru mengajar dengan tujuan untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa kelas IV ,subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 orang siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Pada siklus I secara klasikal sebanyak 15 orang siswa (46,875%) yang memilki minat belajar. Pada siklus II secara klasikal sebanyak 29 orang siswsa (90,625%) yang memiki minat belajar dan sisanya sebanyak 3 orang siswa (9,375%) tidak memilki minat belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran mtematika materi pokok Bilangan Bulat dikelas IV SDN 101896 Tanjung Morawa T. A 2012/2013. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarkan dengan menggunakan metode tutor sebaya sebab hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika dimateri Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 101896 Tanjung Morawa T. A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rahim195502041979031002
Call Number: 372.705 Sir m
Keywords: Hakekat Belajar; Minat Belajar; Siswa; Metode Pembelajaran; Tutor Sebaya; Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item