MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 112312 SIMPANG IV KECAMATAN MERBAU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2012/2013

Engga, Novidi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 112312 SIMPANG IV KECAMATAN MERBAU KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah :1) Yang digunakan guru bersifatkonvensional, belum menggunakan metode yang bervariasi. 2) Pada pelajaranSains siswa tidak mengalami secara langsung peristiwa yang sebenarnya. 3)Kurangnya interaksi dan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaranberlangsung. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah Untukmengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains materi StrukturBunga dan Fungsinya dengan menggunakan metode karyawisata di kelas IVSDN 112312 Simpang IV Tahun Ajaran 2012/2013. adalah Menggunakanmetode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran Sainsmateri Struktur Bunga dan Fungsinya di kelas IV SDN 112312 Simpang IVKecamatan Merbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan kelas. Dalampenelitian ini, Metode karyawisata sebagai sasaran utama. Menerapkan Metodekaryawisata pada pelajaran Sains materi struktur bunga dan fungsinya dapatmeningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1121312 Simpang EmpatTahun Ajaran 2012-2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah33 siswa, laki-laki 22 orang dan perempuan 11 orang. Objek formal denganmenggunakan metode karyawisata pada pelajaran Sains di SD Negeri 1121312Simpang Empat Tahun Ajaran 2012-2013.Hasil penelitian pada saat tes awal (pre test) 5 siswa atau sebesar 15,1%yang tuntas dan 28 siswa atau sebesar 84,9% yang tidak mencapai nilai ketuntasandari 33 siswa dengan nilai rata-rata kelas 48,18, nilai terendah 20 dan nilaitertinggi 80. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 19 siswa atau sebesar 57,5%dan 14 siswa yang tidak mencapai ketuntasan atau sebesar 42,5% dengan nilairata-rata kelas 63,33, nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. Sedangkan padasiklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat yaitu 30 siswa atau 91% dan 3 siswayang tidak mencapai nilai ketuntasan atau sebesar 9% dengan nilai rata-rata 83,63,nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metodekaryawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains materistruktur bunga dan fungsinya di kelas IV SD Negeri 1121312 Simpang EmpatTahun Ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
TeacherUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
TeacherUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.35 Eng m
Keywords: Belajar; Ciri; Hasil; Faktor; Metode; Karyawisata; Kebaikan Metode; Kelemahan; Cara Mengatasi; Langkah-langkah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item