UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD SWASTA PAB 10 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013

Syahindra, Ok M. Daniel (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD SWASTA PAB 10 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313255 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313255 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padapelajaran Matematika termasauk pada materi Menentukan Tanda Waktu 24 Jam,penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam matapelajaran Matematika sub pokok bahasan Menentukan Tanda Waktu 24 Jamdengan menggunakan metode Quantum Teaching. Adapun jenis penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDSwasta PAB 10 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2012/2013yang berjumlah orang terdiri dari 11 perempuan dan 14 laki laki.Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes danobservasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif ( rata rata danpersentase). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II,masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelumdilakukan siklus I , peneliti melakukan observasi serta mendapatkan temuan nilaihasil pokok bahasan Menentukan Tanda Waktu 24 jam tahun sebelumnya untukmelihat letak kesulitan siswa dlam mempelajari materi Menentukan Tanda Waktu24 Jam.Dari hasil penelitian menunjukan ketuntasan belajar tes awal secaraklasikal sebesar (P = 100%259x = 36,00 %,) dengan rata rata kelas 58, 80. Padatindakan siklus I menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ( P =100%2517x = 68, 00 %, ) dengan rata rata kelas 86, 00 terjadi peningkatan sebesar34, 40 % dan pada siklus II menunjukan ketuntasan belajar secara klasikalsebesar ( P = 100%2523x = 92, 00 %, ) dengan rata rata kelas 89, 60 terjadipeningkatan sebesar 3,2 % .Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwapenggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada pokok bahasan Menentukan Tanda Waktu 24 Jam dan dapatmembuat siswa termotivasi dan bersemangat dalam menjawab soal. Sehinggapembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalahrendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pokok bahasan MenentukanTanda Waktu 24 Jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031003
Call Number: 372.705 1 Sya u
Keywords: Belajar; Metode; Hakikat Matematika; Hasil; Ciri-ciri; Kerangka; Berfikir; Hipotesis; Tindakan; Kunci Keunggulan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item