PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGURANGI EGOSENTRIS REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI I PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Araneda, Octivian (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGURANGI EGOSENTRIS REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI I PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103151053 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris remaja pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas VII-3 yang berjumlah 32 siswa di SMP Negeri 1 PERCUT SEI TUAN tahun ajaran 2014/2015 sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket egosentris remaja sebanyak 36 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi egosentris pada siswa kelas VII SMP Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil analisis diperoleh data Pre-Test egosentris remaja rata-rata = 78,2 termasuk kategori sedang, dan rata-rata Post-Test = 65 termasuk kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil.Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 10, &#945; = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 8. Oleh karena J(0) < J0,05 (8) maka H0 ditolak. Ini berarti egosentris remaja antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mengalami penurunan egosentris remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurarjani, UNSPECIFIED
Call Number: 371.46 Ara p
Keywords: Egosentris Remaja; Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item View Item