MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI SD NEGERI 026602 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Alnora, Eva (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI SD NEGERI 026602 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811039 COVER.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811039 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 026602 Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SD Negeri 026602 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 026602 Jalan Jamin Ginting, kelurahan Tanah seribu Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 026602 Binjai dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penentuan subjek berdasarkan hasil rujukan dari guru kelas.Hasil penelitian pada pretes belum ada siswa yang tuntas belajar 0% dengan nilai rata-rata 34 dari 30 siswa.Oleh karena itu dilanjutkan pada siklus I ada 13 orang siswa 43% yang tuntas dalam belajar dari 30 orang siswa, 17 orang siswa 57% lagi yang belum tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh 64,3. Pada siklus I belum berhasil kemudian dilanjutkan pada siklus II ada 28 orang siswa 93% yang tuntas belajar dan 2 orang siswa 7% yang belum tuntas belajar dari 30 orang siswa, dengan nilai rata-rata 91 telah mengalami peningkatan dari setiap siklus dan siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 026602 Binjai Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Aln m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Metode Inkuiri; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item