UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MOTODE DISKUSI PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 066653 PONDOK SURYA MEDAN HELVETIA T.A 2011/2012

Lubis, Nurani (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MOTODE DISKUSI PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 066653 PONDOK SURYA MEDAN HELVETIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313237 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313237 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 066653 Pondok Surya Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 066653 Pondok Surya Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode diskusi pada pelajaran IPA dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 066653 Medan yang berjumlah 30 orang dengan perincian 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode diskusi pada pelajaran IPA materi sumber daya alam dan teknologi di kelas IV SD Negeri 066653 Medan T.A 2011/2012.Penelitian ini menggunakan dua siklus, siklus I dan siklus II. Dalam siklus I terdapat dua kali pertemuan dan siklus II juga dua kali pertemuan.Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pratindakan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran IPA khususnya pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket.Berdasarkan analisis data dijelaskan bahwa pada saat pratindakan rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 21 orang siswa (70%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 6 orang siswa (20%), minat belajar siswa tergolong tinggi 3 orang siswa (10%). Pada siklus I minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 9 orang siswa (30%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 15 orang siswa (50%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (20%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 2 orang siswa (6,7%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 28 orang siswa (93,3%),dan pada siklus II tidak ada minat belajar siswa yang tergolong rendah.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 066653 Pondok Surya Medan T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 372.2 Lub u
Keywords: Minat Belajar; Metode Diskusi; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item