PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 208 HUTAPUNGKUT KABUPATEN MANDAILING NATAL T.A 2011/2012

Lubis, Winda Amelia (2012) PENGGUNAAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 208 HUTAPUNGKUT KABUPATEN MANDAILING NATAL T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313397 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313397 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 208 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pemecahan masalah sebagai sasaran utama dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dalam menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 208 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan penerapan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 208 Hutapungkut Kabupaten Mandailing Natal Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV di SD Negeri 208 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Tahun ajartan 2011-2012 dengan jumlah 24 siswa. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan berdsarkan hasil hasil rujukan dari kepala sekolah. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 2 bulan mulai bulan Mei sampai juni . tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretes, posttest I, dan post test II. Tehnik analisis yang akan dipakai yaitu dengan mengetahui persentase tingkat keberhasilan siswa. Hasil penelitian pada saat test awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,00 dan meningkat menjadi 67,91 pada siklus I dan kembali meningkatkan menjadi 87,5 pada saat test siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat keberhasilan belajar yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 29,16% dan tingkat ketercapaian test pada siklus I dmencapai 62,5% yang berarti secara klasikal siswa belum mencapai ketuntasan dalam menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan metode pemecahan masalah, selanjutnya dari hasil test pada siklus II sebagai bentuk perbaikan siklus I diperoleh tingkat keberhasilan siswa 91,66% dan telah memenuhi nilai yang telah ditetapkan dan mencapai apa yang diharapkan. Denagan kata lain, setelah dilakukan siklus II, siswa secara klasikal, sudah mencapai keberhasilan menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa pengguanan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menjumlahkan bilangan bulat dapat pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 208 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSingarimbun, Piti194912241980032001
Call Number: 372.2 Lub p
Keywords: problem solving; matematika; pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7088

Actions (login required)

View Item View Item