PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Syahda, Faisal Andi Gesty (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313098 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan kurang tepatnya metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA , guru hanya menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share sebagai upaya untuk menigkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Melalui hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini “melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi alat pernafasan pada manusia dan hewan di SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti kebenarannya, t hitung 2,04 < 22,25 > 2,76. Maka lebih besar t hitung dari pada t table. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Alat Pernafasan Manusia dan Hewan di Kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 372.2 Sya p
Keywords: think pair share; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7083

Actions (login required)

View Item View Item