PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI NO 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/1012

Khairina, Irma (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI NO 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/1012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113033 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah- masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: Hasil belajar matematika siswa masih rendah. Banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika, Pemahaman terhadap konsep matematika masih rendah. Guru belum terampil dalam memilih metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran inquiri pada pelajaran matematika kompetensi dasar menentukan sifat-sifat dan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Inquiri .Model pembelajaran Inquiri sendiri terdiri dari beberapa fase, a)penyajian masalah,b) membuat hipotesis, c) merancang percobaan, d) melakukan percobaan, e) menganalisis data, f) membuat kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia, pada kelas V dengan jumlah siswa 32 orang, dengan jumlah murid perempuan sebanyak 21 dan siswa laki-laki 11 orang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kompetensi dasar menentukan sifat-sifat dan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana di Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 21 siswa (65,62%) yang belum tuntas belajar, 11 orang (34,37%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 10 siswa (31,25%) yang belum tuntas belajar, 22 siswa (68,75%) yang tuntas belajar, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : 29 siswa (90,62%) yang tuntas belajar, 3 siswa ( 9,37%) yang belum tuntas belajar. Maka, kesimpulannya adalah model pembelajaran Inquiri merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan mampu menemukan solusi dari permasalahan yang diajukan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Saran bagi guru- guru supaya dapat menggunkan model pembelajaran ini pada kompetensi dasar menentukan sifat-sifat dan jaring-jaring berbagai bangun ruang agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 Kha p
Keywords: Pembelajaran Inquiri; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item