UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 053969 KECAMATAN SELESAI TAHUN AJARAN 2011/2012

Dewi, Chintia (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 053969 KECAMATAN SELESAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313046 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam di Kelas V SD Negeri No.053969 Selesai Tahun Ajaran 2011/2012 ? Dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi peristiwa alam.Menurut Whitherington (dalam Tarmizi 2008 : 29) “belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian atau suatu pengertian”, dan hasil belajar menurut Purwanto (2008:54), “ adalah perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 035969 selesai, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa, alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal masih banyak siswa memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%, yaitu 18 orang siswa (72, 0%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 7 orang (28,0%) telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 55,6. Pada siklus I terdapat 12 orang siswa (48,0%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 13 orang (52,0%) telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 64,8.Pada siklus II sebanyak 22 orang siswa (88,0%) telah tuntas dalam belajar dan hanya 3 orang siswa (12,0%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 78,8.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan pembelajaran model pembelajaran Example Non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam kelas V SD Negeri No. 053969 selesai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnjani, Nur196105041987032004
Call Number: 372.2 Dew u
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item