MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING DI KELAS V SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.P. 2012/2013

Maryati, Sri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING DI KELAS V SD NEGERI 060922 MEDAN SUNGGAL T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311073 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalam rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 060922 Medan Sunggal. Proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru masih kurang menarik, bersifat konvensional, dan cenderung mengandalkan ceramah sebagai metode pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode problem posing di kelas V SD Negeri 060922 Medan Sunggal pada materi pokok peninggalan sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam T.P. 2012/2013. Metode problem posing adalah metode pembelajaran yang digunakan guru untuk mengaktifkan siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa mulai dari memahami soal, menulis kembali soal tersebut dengan kata-katanya sendiri, menuliskan soal dalam bentuk lain, atau dalam bentuk yang operasional. Soal yang dicari bisa berasal dari berbagai sumber buku yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 060922 Medan Sunggal tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil hasil belajar dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan selama 2 bulan mulai Juli hingga Agustus 2012.Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 28,6 dan persentase ketuntasan klasikal 0%. Setelah dilakukan siklus I selama 2 kali pertemuan, rata-rata hasil belajar IPS siswa meningkat menjadi sebesar 70,4 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 67,7% (belum mencapai ketuntasan optimal secara klasikal). Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pada siklus II selama 2 kali pertemuan, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 82,1 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 91,2% (secara klasikal telah mencapai ketuntasan dalam belajar). Berdasarkan hasil-hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem posing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 060922 Medan Sunggal pada materi pokok peninggalan sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131994122001
Call Number: 372.2 Mar m
Keywords: IPS; Belajar; Metode
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item