MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN ENERGI GERAK MENJADI ENERGI BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012

Tanjung, Maulidya Novita Sari (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN ENERGI GERAK MENJADI ENERGI BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811083 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811083 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 101765 T.P 2011/2012 yang berjumlah 30 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen menggunakan lembar observasi berupa daftar cheklis dengan indicator sebagai berikut : a.aktif mengerjakan tugas yang diberikan, b.berani bertanya dan menjawab pertanyaan, c.aktif dalam proses belajar mengajar, d.aktif dalam diskusi, e.dapat meningkatkan pemahamn siswa tentang pecahan, f.dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pecahan, g.kemampuan siswa menyimpulkan materi pelajaran,dan lembar kerja siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes awal (pre tes), post test I dan post test II.Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran sains. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasili belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi.Secara keseluruhan hasil penelitian pre tes diperoleh siswa yang tuntas 23,33 % atau 7 orang siswa dan yang belum tuntas 76,66 % atau 23 orang siswa. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus I maka hasil belajari siswa pun menjadi semakin meningkat yaitu 43,33 % atau 13 orang siswa dan yang belum tuntas hanya tinggal 56,66% atau 17 orang siswa. Kemudian dilakukan perbaikan lagi pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 8,66% atau 26 orang siswa dan yang belum tuntas hanya tinggal 13,33% atau 4 orang siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Hasilsi Belajar siswa kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia pada pokok bahasan perubahan energy gerak menjadi energy bunyi pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Disarankan kepada guru untuk menggunakan Metode Demonstrasi ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki hasil belajar dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamaiwaty, 195710011982032002
Call Number: 372.2 Tan m
Keywords: Hasil Belajar; Energi Gerak; Energi Bunyi; Metoe Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item View Item