MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE INQURI DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Ginting, Deslita Kristina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE INQURI DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313058 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313058 BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pokok gaya magnet di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Jalan Pasar III Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inquiri (penemuan) pada materi pokok gaya magnet dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2012. penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanan, tindakan, pengamatan dan refleks/evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pre test kepada 37 orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan siswa pada materi pokok gaya magnet. Kemudian diakhir siklus I dan siklus II diberikan post test I dan past test II.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat tes awal dari 37 orang siswa sebesar 38.64 dimana terdapat 6 orang siswa (16.21%) yang memperoleh nilai tuntas dan sebanyak 31 orang siswa (83.78%) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata dari 37 orang siswa meningkat menjadi 69.72 dimana terdapat 22 orang siswa (59.45%) yang memperoleh nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (40.54%) yang belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata dari 37 orang siswa meningkat menjadi 82.7 dimana terdapat 34 orang siswa (91.89%) yang memperoleh nilai tuntas dan sebanyak 3 orang siswa (8.10%) yang belum tuntas. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus II sebanyak 34 orang siswa (91.89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar.Pada hasil pengamatan observasi yang dilakukan guru dengan menggunakan metode inquiri pada siklus I masih dalam kategori cukup atau hasilnya 60% dan pengamatan observasi yang dilakukan guru pada siklus II dengan menggunakan metode inquiri sudah dicapai dalam kategori tuntas atau berhasil dengan nilai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dikelas V SD Negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2011/2012. sehingga pembelajaran dengan metode inquiri dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSimanjuntak, Sorta195961011985032001
Call Number: 372.2 Gin m
Keywords: metode inquiri; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item