UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD SWASTA GKPS PASAR III NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2011/2012

Keliat, Bayangta (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD SWASTA GKPS PASAR III NAMO RAMBE TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311007 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Dengan Model Pembelajaran Teams-Games-Tournament ( TGT ) Di Kelas IV SD Swasta GKPS Pasar III Namo Rambe Tahun Ajaran 2011/2012”. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing – masing pertemuan 2 x 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. dalam setiap siklus dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang diberikan pada setiap siklus yang terdiri dari dari tes Indikator dan Deskriptor motivasi belajar siswa. Dari hasil yang diperoleh dari lembar observasi dan angket yang diberikan kepada 30 orang siswa dari kondisi awal hingga siklus II pertemuan 2 diperoleh motivasi belajar siswa terus meningkat pada kriteria motivasi yang tergolong rendah, sedang dan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari data sebagai berikut : Jumlah siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar adalah dari 0% pada kondisi awal menjadi 15 orang siswa ( 50% ) pada siklus I pertemuan 1, Jumlah siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar adalah dari 15 orang siswa (50%) pada siklus I pertemuan 1 menjadi 20 orang siswa (66,7%) pada siklus I pertemuan 2, Jumlah siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar adalah dari 20 orang siswa (66,7%) pada siklus I pertemuan 2 menjadi 23 orang siswa (76,7%) pada siklus II pertemuan 1, Jumlah siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar adalah dari 23 orang siswa (76,7%) pada siklus II pertemuan 1 menjadi 26 orang siswa (86,7%) pada siklus II pertemuan 2.Dengan hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi perubahan tingkat motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model teams games tournament (TGT ) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Swasta GKPS Pasar III Namo Rambe pada Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372.2 Kel u
Keywords: motivasi belajar; TGT; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item