MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 064959 MEDAN AREA T.A 2011-2012

Harahap, Yuni Elida (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 064959 MEDAN AREA T.A 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313410 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313410 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya motivasi belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 064959 Medan Area. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode example non example di kelas V SD Negeri 064959 Medan Area. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas V SDN 064959 Medan Area terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Observasi dilakukan terhadap motivasi belajar siswa dan terhadap kegiatan mengajar gur, sedangkan angket digunakan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus. Pada kondisi awal nilai motivasi belajar dari 32 siswa yang termotivasi adalah 3 siswa (43,52%), dan nilai pada siklus I 22 siswa yang termotivasi yaitu naik menjadi (66,15%), serta terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II seluruh siswa termitivasi sebesar (82,01%). Hasil tersebut didapat dari nilai rata-rata indikator motivasi belajar, yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil pada pelajaran IPS (78,32%), adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar IPS (81,84%), adanya harapan dan cita-cita masa depan dalam pelajaran IPS (81,25%), adanya penghargaan dalam belajar IPS (80,27%), adanya kegiatan yang menarik dalam pelajaran IPS (79,49%), serta adanya lingkungan belajar yang kondusif dalam pelajaran IPS (90,94%). Dengan ketidak tuntasan pada indikator motivasi belajar siswa, yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil pada pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang (21,68%), adanya dorongan dan kebutuhan belajar IPS (18,16%), adanya harapan dan cita-cita masa depan dalam pelajaran IPS (18,75%), adanya penghargaan dalam pelajaran IPS (19,73%), adanya kegiatan yang menarik dalam belajar IPS (20,51%), dan adanya lingkungan belajar yang kondusif dalam belajar IPS (9,06%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode example non example dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang di kelas V SD Negeri 064959 Medan Area

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372.2 Har m
Keywords: motivasi belajar; metode example non example; IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item