helvetia nilai menjadi belakang latar menunjukkan serta berbentuk refleksi macam pecahan melakukan mengubah demikian monoton BEATRIX melihat SARI penentuan sedangkan semakin pemantauan test dilakukan jadi siklu bervariasi terhadap bahwa teknik jeni 2012 tidak kurangnya tindakan alam pada soal tahap pengumpulan perencanaan swasta kegiatan mengikuti dua terdiri adalah memenuhi tunta dimana materi memakai berjumlah selama rendahnya untuk sebanyak teliti dan memnuhi ajaran medan selanjutnya kali siswa meningkatkan uraian khususnya kenampakan diambil empat subjek upaya peneliti dengan teladan data berbagai tahun orang menggunakan hasil rata akan atau disimpulkan pelajaran TA yang dapat prose yaitu dalam meliputi penggunaan MAYA minat diberikan diperoleh SD sebelum guru penelitian melalui SITANGGANG belajar 2011 sehingga NIM observasi dari pembelajaran dikatakan mata IPS bertujuan 109811014 kec aktivita sebaliknya digunakan kela metode pengamatan kurang obeservasi PTK meningkat saat decimal ABSTRAK ini sbaliknya setiap sebesar berdasarkan pre pelaksanaan ketuntasan buatan biasa te matematika II tingkat