MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTESTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 200505 PADANG SIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Siregar, Rosita Fitria Handayani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTESTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 200505 PADANG SIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920136 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920136 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 200505 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.Dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200505 Padangsidimpuan yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 14 siswa putri. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpul data berupa hasil belajar siswa dan observasi. Observasi dilakukan oleh observer yaitu guru kelas IV SD Negeri 200505 Padangsidimpuan. Hasil belajar dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dari 35 siswa pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata 36,14, PKK (17,14%) tergolong sangat rendah yang tuntas 6 siswa dan 29 siswa yang tidak tuntas, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,14, PKK (62,86%) tergolong tinggi yang tuntas 22 siswa dantidak tuntas 13 siswa. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,00, PKK 94,29% tergolong sangat tinggi hanya 2 siswa yang tidak tuntas. Pada observasi yang dilakukan pengamat pada proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual diperoleh dari siklus I dan II antusias dan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran matematika yaitu pada siklus I masih cukup dengan persentase 65,90% dan pada siklus II dengan persentase 81,81% menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 200505 Padangsidimpuan. Untuk itu melalui hasil penelitian ini hendaknya guru dalam mengajar perlu menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmayani, UNSPECIFIED
Call Number: 372.2 Sir m
Keywords: pendekatan kontekstual; matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item