PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 4 PERCUT SEI TUAN

Hadijah, Siti (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 4 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Untuk mengetahui interaksi kemampuan awal dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematik pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Analisis data untuk mengethaui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan analisis regresi linear sederhana dan untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara kemampuan awal dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Sehingga disarankan kepada para pembaca untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di dalam pembelajaran sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 Had p
Keywords: Pemahaman konsep; Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item