PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN MARDINGDING KABUPATEN KARO

Hutabarat, Debora Junike Agape (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN MARDINGDING KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1Cover.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2Pengesahan.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4K.Pengantar.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9BAB I.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran SQ3R (Survey, Questions, Read Recite, and Review) dan strategi pembelajaran DRTA (Directed, Reading, Thinking Activity), (2) mengetahui perbedaan hasil belajar membaca antara siswa yang memiliki gaya brpikir Divergen dan gaya berrpikir Konvergen, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 orang kelas VIII yang berasal dari SMPN 3 dan SMPN 2 Mardingding Kabupaten Karo. Sedangkan sampel berjumlah 70 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan dilaksanakan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket gaya berpikir untuk membedakan gaya berpikir yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujikan sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher dan Bartlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar membaca siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran SQ3R lebih tinggi dibandingkankan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran DRTA. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 5.94 > 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,66); (2) Siswa yang memiliki gaya berpikir Divergen memperoleh hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir Konvergen. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 46.56 > 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,66): (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar membaca. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16.11 > 3.99 pada taraf signifikansi α =. 0,05 dengan dk = (1,66). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran SQ3R lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran DRTA untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris dari siswa SMPN 3 dan SMPN 2 Mardingding. Kemudian siswa yang mempunyai gaya berpikir Divergen memperoleh rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai gaya berpikir Konvergen. Dengan demikian diharapkan para guru hendaknya berusaha menggunakan strategi pembelajaran SQ3R untuk pembelajaran membaca pemahaman bahasa Inggris agar hasil belajar siswa lebih meningkat. Bila gaya berpikir diketahui, maka strategi pembelajaran SQ3R lebih baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir Divergen dan strategi pembelajaran DRTA lebih baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir Konvergen.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 372.47 Hut p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Bahasa inggris; Gaya berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 08:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6889

Actions (login required)

View Item View Item