127 menjadi mengetahui baik dikembangkan masing baru serta hal lain diberi kembali model menyampaikan demikian sejauhmana tinggi tek dibandingkan SIMPULAN tentang melaksanakan dibelajarkan kurikulum terlihat dilakukan sesuai implikasi pula berikut terhadap disarankan pada feedback simpulan agar mengalami belajarnya multimedia secara ketertarikan SARAN adapun diadakan 126 penerapan masalah adalah dimana materi membuat teruji selama pengembangan untuk pendalaman kesempatan dikerjakan dan mandiri 128 kesulitan besar tersebut termotivasi IMPLIKASI efektif siswa meningkatkan layak kepada sumbangan upaya keterserapan dengan handout buku usaha pembahasan dimaksud memahami perlu menggunakan hasil saran diajukan lanjut disimpulkan pelajaran yang dikarenakan dapat mempunyai grafi prose memiliki yaitu dalam beberapa temuan masih minat lebih balik diberikan diperoleh guru sampel penelitian memberikan latihan belajar sebagai maka prakti sehingga kreatifitasnya mendalami sekolah powerpoint interaktif dari kesimpulan pembelajaran memperoleh mata IPS berdampak BAB umpan karakternya oleh memerlukan studi DAN digunakan telah kela maksimal kesiapan bidang mengembangkan mengingat pertimbangan meningkat saat sejarah ini media tuntutan berdasarkan diuraikan pelaksanaan kemudahan mengulang bagi