PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMA PAB 8 SAENTIS DELI SERDANG

Andryani, Lia (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMA PAB 8 SAENTIS DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN,PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ABSTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_DAFTAR ISI,.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_Lia-tesis-bab satu.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_Lia-tesis-bab lima.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_Lia-tesis-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CTL pada mata pelajaran Sejarah layak digunakan dan mudah; dan (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan di SMAPAB 8 Saentis Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah model pengembangan Bord dan Gall dengan desain pembelajaran Model Dick dan Carey, meliputi: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software, pengumpulan bahan, membuat dan memproduksi produk, uji lapangan produk,dan uji keefektifan produk. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas X. Untuk pengembangan produk menggunakan 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli perangkat lunak, 3 orang siswa uji coba satu-satu, dan 9 orang siswa kelas kelompok kecil. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (2,01 > 1,69) yang menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan berarti antara hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan rata-rata hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dapat diterima dan teruji kebenarannya. Keefektifan multimedia pembelajaran interaktif sebesar 63,44% dan keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint sebesar 57,25%. Dengan demikian nilai keefektifan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dari nilai keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint yaitu sebesar 6,19%. Hasil penelitian menyarankan guru untuk membuat dan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif untuk pembelajaran sejarah sesuai tuntutan kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid K., Abdul195802221981031001
Thesis advisorMursid, R.196607111991031003
Call Number: 372.89 And p
Keywords: Belajar sejarah; Media pembelajaran; Macromedia flash
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item