dipilih universita berbentuk koefisian average teacher sample ditetapkan instructional there tinggi appropriate sedangkan people outcome tanjung item homogenita state kemandirian memperhatikan instrumen terhadap selected bahwa teknik taught tesi 888 angket meanwhile coefficient liliefor secara aimed terdiri table normalita adalah 108 result keyword tarag student wa untuk jawaban against analysi reliance learning medan interaction research ftabel karakteristik between application reliabilita siswa uji koefisien program khususnya pascasarjana butir kota penarikan populasi STAD hasil rata consider disimpulkan daripada ditujukan must 936 yaitu dalam reliabelitasnya mathematic using multiple self sampel diajar significance namely university bartlett higher dilanjutkan homogeneity ABSTRACT setiadi pembelajaran haru kata concluded balai obtain tepat choice SMA digunakan kela lane followed tanjungbalai 2015 graduate antara strategi pilihan ABSTRAK done ini khusu berganda analisi consisting questionnaire cluster matematika form implication mengetahui normality used pengaruh 948 SMAN study number tentang influence interaksi population test about dilakukan implikasi question TTW possible pada soal sampling clas especially random low dua answer while penerapan reliability thesi determined terrain penelitiannya sebanyak jalur mendapatkan negeri dan strategy independence than determine measure kunci kepada signifikansi dengan data anava orang strategie yang tuckey math instrument lebih guru penelitian belajar specifically two dari technique terdapat mengukur aim bertujuan 885 fhitung characteristic rendah among jumlah high te