PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN

Hutapea, Flora (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT HIASAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Jurnal Tabularasa, 9 (2). pp. 129-140. ISSN 1693-7732

[img] Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar membuat hiasan busana siswa SMK Negeri 8 Medan.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya dengan strategi pembelajaran terpimpin; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar membuat hiasan busana siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan semester genap TA 2010/2011. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 129 orang, sampel adalah kelas XI Tata Busana-C sebanyak 30 orang dan kelas XI Tata Busana-D sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi berprestasi. Metode penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, dan 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar.

Item Type: Article
Keywords: Tutor Sebaya; Ekspositori; Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Mar 2016 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item