PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMA YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNING (PEMBELAJARAN PENEMUAN) PADA MATERI KIMIA UNSUR

Anggraini, Fitri (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM SMA YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNING (PEMBELAJARAN PENEMUAN) PADA MATERI KIMIA UNSUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8146141008 (1) JUDUL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (2) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (3) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (4) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (5) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (6) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (7) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (8) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (9) BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (13) BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8146141008 (14) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum SMA yang inovatif dan interaktif terintegrasi discovery learning pada materi kimia unsur kelas XII semester ganjil sesuai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dan eksperimen. Hasil belajar menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan di ukur pada akhir penelitian. Penelitian dan pengembangan (research and development) merupakan penelitian yang digunakan untuk mengahasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penuntun praktikum yang sudah ada dan yang telah di kembangkan kemudian di validasi oleh 2 orang responden dosen kimia Universitas Negeri Medan dan 25 orang responden guru kimia SMA. Untuk penuntun praktikum yang sudah ada diperoleh rata-rata nilai untuk validasi dosen sebesar 4,04 dan rata-rata nilai untuk validasi guru sebesar 3,80. Untuk penuntun praktikum yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata nilai untuk validasi dosen sebesar 4,00 dan rata-rata nilai untuk validasi guru sebesar 3,88. Untuk selanjutnya penuntun praktikum yang telah dikembangkan di uji cobakan secara terbatas di SMA Negeri 1 Tanah Jawa, dengan sampel sebanyak 32 orang siswa dan dibagi kedalam 2 kelompok. Kelompok 1 menggunakan penuntun praktikum yang sudah ada, dan kelompok 2 menggunakan penuntun yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, didapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan materi kimia unsur sebesar 39% dengan taraf signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: 540.071 2 Ang p
Keywords: Panduan praktikum; Pembelajaran inovatif; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item