UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016

Imelda, Tria (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 6112111010 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 6112111010 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 6112111010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 6112111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 6112111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 6112111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 6112111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 6112111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 6112111010 BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 6112111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passin bola voli melalui variasi pebelajaran pada siswa kelas VIII SMPN 3 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-2 yang terdiri dari 30 siswa, putra berjumlah 16 dan putrid berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari data awal terdapat 13 siswa yang mencapai ketuntasan yaitu sebesar ( 43,33%) dan 17 siswa tidak mencapai ketuntasan yaitu sebesar (56,66%). Kemudian dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing bawah bola voli melalui variasi pembelajaran. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 siswa terdapat 20 siswa yang tuntas yaitu sebesar 66,66% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa yaitu sebesar 33,33%, nilai rata-rata 68,86. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>80%) belum tercapai, untuk itu peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II melalui variasi pembelajaran yang lebih variatif. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 siswa terdapat 27 siswa yang tuntas yaitu sebesar 90,00% siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 siswa yaitu 10,00 % dengan nilai rata-rata 81,63dan. Dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 23,33%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>80%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFadli, Zen198105022008011088
Call Number: SK-2016 PKR 017
Keywords: Bola Voli;Pendidikan Jasmani;Passing Bawah Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc.
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6804

Actions (login required)

View Item View Item