UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Damanik, Charismay H (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 6113112041 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 6113112041 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 6113112041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.6113112041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 6113112041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 6113112041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 6113112041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 6113112041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 6113112041 BAB I.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 6113112041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran passing bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII-1 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 9 orang putra dan 27 orang putri . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran passing bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar inklusi yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes passing bawah bola voli dengan menggunakan bola voli yang sebenarnya. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran (pre-test) di peroleh 15 siswa (15,67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (83,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 61,94%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar inklusi melalui dua bentuk tugas pada pembelajaran siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I passing bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar inklusi pada siklus I diperoleh 25 siswa (69,44%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa (30,55%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 71,39. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan gaya mengajar inklusi dengan satu variasi dan dua bentuk tugas. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 32 siswa dengan (88,88%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 81,66. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (80%) telah tercapai. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasibuan, Sanusi196408111992031005
Call Number: SK-2016 PKR 021
Keywords: Passing Bawah Bola Voli, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item View Item