PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SWASTA) AL ULUM MEDAN

Nawi, M. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SWASTA) AL ULUM MEDAN. Jurnal Title.

[img]
Preview
Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan penalaran formal terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas (swasta) Al Ulum Medan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa SMA melalui penerapan dua strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan rancangan aalisis faktorial 2x2. Penelitian ini mnggunakan dua macam instrumen, yakni instrumen tes hasil belajar matematika dan tes kemampuan penalaran formal. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa: (1) Secara umum, terdapat 40,625% Siswa Kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan memiliki kemampuan penalaran formal berada pada kualifikasi transisi, 50% berkualifikasi formal, serta 9,375% siswa dengan kualifikasi kongkrit; (2) Strategi CTL lebih unggul dari strategi DI; (3) Kemampuan penalaran formal berpengaruh terhadap hasil belajar matematika; dan (4) Terdapat interaksi antara kemampuan penalaran formal dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan temuan-temuan penelitian ini maka disarankan kepada para guru Matematika untuk menggunakan strategi CTL dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Article
Keywords: Penalaran Formal; CTL; DI; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item